Kata-kata Kerja Operasional
Untuk memperbaiki kata kerja pada kompetensi dasar, hasil belajar, dan indikator hasil belajar dapat digunakan contoh-contoh kata kerja pada tabel di bawah ini. Kedalaman dan keluasan materi dapat digunakan untuk gradasi dan kesinambungan kompetensi
Ranah Kognitif | |||||
Pengetahuan (C1) | Pemahaman(C2) | Penerapan (C3) | Analisis (C4) | Sintesis (C5) | Penilaian (C6) |
Mengutip | Menambah | Memerlukan | Menganalisis | Mengabstraksi | Mempertimbangkan |
Menyebutkan | Memperkirakan | Menyesuaikan | Mengaudit/memeriksa | Menganimasi | Menilai |
Menjelaskan | Menjelaskan | Mengalokasikan | Membuat blueprint | Mengatur | Membandingkan |
Menggambar | Mengkategorikan | Mengurutkan | Membuat garis besar | Mengumpulkan | Menyimpulkan |
Membilang | Mencirikan | Menerapkan | Memecahkan | Mendanai | Mengkontraskan |
Mengidentifikasi | Merinci | Menentukan | Mengkarakteristikkan | Mengkategorikan | Mengarahkan |
Mendaftar | Mengasosiasikan | Menugaskan | Membuat dasar pengelompokkan | Mengkode | Mengkritik |
Menunjukkan | Membandingkan | Memperoleh | Merasionalkan | Mengkombinasikan | Menimbang |
Memberi label | Menghitung | Mencegah | Menegaskan | Menyusun | Mempertahankan |
Membuat index | Mengkontraskan | Mencanangkan | Membuat dasar pengkontras | Mengarang | Memutuskan |
Memasangkan | Mengubah | Mengkalkulasi | Mengkorelasikan | Membangun | Memisahkan |
Menemutunjukkan | Mempertahankan | Menangkap | Mendeteksi | Menanggulangi | Memprediksi |
Menamai | Menguraikan | Memodifikasi | Mendiagnosis | Menghubungkan | Menilai |
Membuat kerangka | Menjalin | Mengklasifikasikan | Mendiagramkan | Menciptakan | Memperjelas |
Menandai | Membedakan | Melengkapi | Mendiversifikasikan | Mengkreasikan | Merangking |
Membaca | Mendiskusikan | Menghitung | Menyeleksi | Mengkoreksi | Menugaskan |
Menyadari | Mengunggulkan | Membangun | Memerinci ke bagian-bagian | Memotret | Menafsirkan |
Menghapal | Menggali | Membiasakan | Menominasikan | Merancang | Memberi pertimbangan |
Meniru | Mengira | Mendemonstrasikan | Mendokumentasikan | Mengembangkan | Membenarkan |
Mencatat | Mencontohkan | Menurunkan | Menjamin | Merencanakan | Mengukur |
Mengulang | Menerangkan | Menentukan | Menguji | Mendikte | Memproyeksi |
Mereproduksi | Mengemukakan | Menemukan | Mencerahkan | Meningkatkan | Memerinci |
Meninjau | Memperluas | Menggambarkan | Menjelajah | Memperjelas | Menggradasi |
Memilih | Mempolakan | Menemukan kembali | Membagankan | Memfasilitasi | Merentangkan |
Menyatakan | Memfaktorkan | Membagankan | Memfile | Membentuk | Merekomendasikan |
Mempelajari | Menggeneralisasikan | Menggunakan | Membuat kelompok | Merumuskan | Melepaskan |
Mentabulasi | Memberikan | Menilai | Mengidentifikasi | Menggeneralisasi | Memilih |
Memberi kode | Menyimpulkan | Melatih | Mengilustrasikan | Menumbuhkan | Merangkum |
Menelusuri | Berinteraksi | Menggali | Menyimpulkan | Menangani | Mendukung |
Menulis | Mengumpulkan | Membuka | Menginterupsi | Mengirim | Mengetes |
Memaknai | Mengemukakan | Menemukan | Memperbaiki | Memvalidasi | |
Mengamati | Membuat faktor | Menelaah | Menggabungkan | Membuktikan kembali | |
Merumuskan kembali | Membuat gambar | Menata | Memadukan | ||
Menggrafikkan | Membuat grafik | Mengelola | Membatasi | ||
Meramalkan | Menangani | Memaksimalkan | Menggabungkan | ||
Memperbaiki | Mengilustrasikan | Meninimalkan | Mengajar | ||
Menulis kembali | Mengadaptasi | Mengoptimalkan | Membuat model | ||
Membuat abstraksi | Menyelidiki | Memerintahkan | Mengimprovisasi | ||
Merangkum | Memanipulasi | Menggarisbesarkan | Membuat jaringan | ||
Menjabarkan | Mempercantik | Memberi tanda/kode | Mengorganisasikan | ||
Mendeskripsikan | Mengoperasikan | Memprioritaskan | Mensketsa | ||
Mempersoalkan | Mengedit | Mereparasi | |||
Mengkomunikasikan secara visual | Mengkonsepkan | Menanyakan | Merencanakan | ||
Melaksanakan | Mengaitkan | Menampilkan | |||
Meramalkan | Memilih | Menyiapkan | |||
Menyiapkan | Memilah | Meresepkan | |||
Memberi harga | Mengukur | Memproduksi | |||
Memproses | Membagi ulang | Membuat program | |||
Memproduksi | Melatih | Menata ulang | |||
Memproyeksikan | Mentransfer | Merekonstruksi | |||
Melindungi | Mencari referensi | ||||
Menyediakan | Menggunakan referensi | ||||
Mengakitkan | Mereferensikan | ||||
Melingkari | Memperbaiki | ||||
Menyusun | Menuliskan kembali | ||||
Mempertunjukkan | Menspesifikasikan | ||||
Mensimulasikan | Merangkum | ||||
Mensketsakan | Mengkomposisikan | ||||
Memecahkan | |||||
Melanggankan | |||||
Mentabulasi | |||||
Membuat transkrip | |||||
Menterjemahkan | |||||
Melakukan |
Ranah Psikomotor | ||||||||||
Persepsi (P1) Menafsirkan rang-sangan, Peka terhadap rangsangan, Mendis-kriminasikan | Kesiapan (P2) Berkonsentrasi diri (secara fisik dan mental) | Gerakan terbimbing (P3) Meniru contoh | Gerakan Mekanisme (P4) Keterampilan berpegang pada pola | Respon Kompleks (P5) Berketerampilan secara: misalnya lancer, luwes, gesit | Penyesuaian dan Keaslian (P6) Menyesuaikan diri | |||||
Mempersiapkan | Memulai | Mempraktekan | Membangun | Mengoperasikan | Mengubah | |||||
Membedakan | Mengawali | Memainkan | Mengoperasikan | Membangun | Mengadaptasikan | |||||
Menunjukan | Bereaksi | Mengikuti | Mengalihkan | Memasang | Mengatur kembali | |||||
Menghubungkan | Mempersiapkan | Mengerjakan | Memecahkan masalah | Membongkar | Membuat variasi | |||||
Mengaktifkan | Memprakarsai | Mencoba | Menempel | Memperbaiki | ||||||
Menyesuaikan | Mengoreksi | Melonggarkan | Memadankan | Melaksanakan | ||||||
Menggabungkan | Mengkreasikan | Membuat | Menjeniskan | Mengerjakan | ||||||
Melamar | Mendemonstrasikan | Memanipulasi | Menjahit | Menyusun | ||||||
Mengatur | Merancang | Mereparasi | Mempertajam | Menggunakan | ||||||
Mengumpulkan | Memilah | Mencampur | Membentuk | Mengatur | ||||||
Menimbang | Melatih | Memaku | Mensketsa | Mendemonstrasikan | ||||||
Memperkecil | Mengencangkan | Menjalankan | Memulai | Memainkan | ||||||
Membangun | Memperbaiki | Menekan | Menyetir | Menangani | ||||||
Mengkalibrasi | Mengikuti | Memproduksi | Menggunakan | |||||||
Mengubah | Menggiling | Menarik | Menimbang | |||||||
Membersihkan | Memegang | Mendorong | Membungkus | |||||||
Menutup | Memalu | Memindahkan | Mengemas | |||||||
Mengkombinasikan | Memanaskan | Memperbaiki | Mengatur | |||||||
Memposisikan | Menggantung | Memasang | ||||||||
Menyambungkan | Mengidentifikasikan | Membongkar | ||||||||
Mengkonstruksi | Mengisi | Menggantikan | ||||||||
Menempatkan | Memutar | |||||||||
Mempertunjukan | Mengirim | |||||||||
RANAH AFEKTIF | ||||||||||
Penerimaan (A1) Kesadaran akan adanya system nilai, ingin menerima nilai, dan mempertahankan nilai tersebut | Partisipasi (A2) atau Pem-berian Respon. Pemberian respon meliuti sikap ingin merespon terhadap system, puas dalam memberi respon | Penilaian/Penentuan Sikap (A3) meliputi penerimaan terhadap system nilai, memilih system nilai yang disukai, dan memberikan komitmen untuk meng-gunakan system nilai tertentu | Pengorganisasian (A4) Meliputi memilah dan dan menghimpun system nilai yang dianut | Pembentukan Pola (A5) Karakterisasi. Meliputi perilaku secara terus menerus sesuai dengan system nilai yang telah diorganisasikan | ||||||
Menerima | Menanggapi | Bekerja sama | Menganut | Menghayati | ||||||
Mempertanyakan | Bertanggungjawab | Mengasumsikan tanggungjawab | Mengubah | Bertindak | ||||||
Memilih | Membantu | Meyakini | Menata | Mengubah perilaku | ||||||
Mengikuti | Mengajukan | Melengkapi | Mengklasifikasikan | Berakhlak mulia | ||||||
Memberi | Mengkompromikan | Meyakinkan | Mengkombinasikan | Berfilosofi | ||||||
Menganut | Menyenangi | Memperjelas | Mempertahankan | Mempengaruhi | ||||||
Mematuhi | Menyambut | Membedakan | Membangun | Menimbang masalah | ||||||
Meminati | Mendukung | Beriman | Membentuk pendapat | Mendengarkan | ||||||
Mendengar | Menyetujui | Memprakarsai | Menunjukkan dengan | Mengajukan usulan | ||||||
Mengikuti | Menampilkan | Mengundang | memadukan | Mengkualifikasi | ||||||
Menjawab | Melaksanakan | Menggabungkan | Mengelola | Mempertanyakan | ||||||
Melanjutkan | Melaporkan | Memperjelas | Menimbang alternatif | Melayani | ||||||
Memberi | Memilih | Berperanserta | Menegosiasi | Menunjukkan kematangan/kedewasaan | ||||||
Menyatakan | Mengatakan | Mengusulkan | Berembuk | Memecahkan | ||||||
Menempatkan | Membuat pertanyaan | Menekankan | Bersilang pendapat | Membuktikan kembali | ||||||
Memilah | Berbagi | Memperbandingkan | Mengundurkan diri | |||||||
Menolak | Menyumbang | Merumuskan | Mempertimbangkan | |||||||
Menyumbangkan | Bekerjakeras | Membagi | Mempersoalkan | |||||||
Menyesuaikan diri | Membela | Menyusun | Berbuat sukarela | |||||||
Berlatih | Menuntun | Mengubah | Bersikap konstan | |||||||
Mempraktikan | Membenarkan | Menyempurnakan | ||||||||
Menyelesaikan | Mengajak | Menyesuaikan | ||||||||
Memodifikasi | ||||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar