Minggu, 23 Oktober 2011

KKO

Kata-kata Kerja Operasional
Untuk memperbaiki kata kerja pada kompetensi dasar, hasil belajar, dan indikator hasil belajar dapat digunakan contoh-contoh kata kerja pada tabel di bawah ini.  Kedalaman dan keluasan materi dapat digunakan untuk gradasi dan kesinambungan kompetensi

Ranah Kognitif

Pengetahuan (C1)
Pemahaman(C2)
Penerapan (C3)
Analisis (C4)
Sintesis (C5)
Penilaian (C6)
Mengutip
Menambah
Memerlukan
Menganalisis
Mengabstraksi
Mempertimbangkan
Menyebutkan
Memperkirakan
Menyesuaikan
Mengaudit/memeriksa
Menganimasi
Menilai
Menjelaskan
Menjelaskan
Mengalokasikan
Membuat blueprint
Mengatur
Membandingkan
Menggambar
Mengkategorikan
Mengurutkan
Membuat garis besar
Mengumpulkan
Menyimpulkan
Membilang
Mencirikan
Menerapkan
Memecahkan
Mendanai
Mengkontraskan
Mengidentifikasi
Merinci
Menentukan
Mengkarakteristikkan
Mengkategorikan
Mengarahkan
Mendaftar
Mengasosiasikan
Menugaskan
Membuat dasar pengelompokkan
Mengkode
Mengkritik
Menunjukkan
Membandingkan
Memperoleh
Merasionalkan
Mengkombinasikan
Menimbang
Memberi label
Menghitung
Mencegah
Menegaskan
Menyusun
Mempertahankan
Membuat index
Mengkontraskan
Mencanangkan
Membuat dasar pengkontras
Mengarang
Memutuskan
Memasangkan
Mengubah
Mengkalkulasi
Mengkorelasikan
Membangun
Memisahkan
Menemutunjukkan
Mempertahankan
Menangkap
Mendeteksi
Menanggulangi
Memprediksi
Menamai
Menguraikan
Memodifikasi
Mendiagnosis
Menghubungkan
Menilai
Membuat kerangka
Menjalin
Mengklasifikasikan
Mendiagramkan
Menciptakan
Memperjelas
Menandai
Membedakan
Melengkapi
Mendiversifikasikan
Mengkreasikan
Merangking
Membaca
Mendiskusikan
Menghitung
Menyeleksi
Mengkoreksi
Menugaskan
Menyadari
Mengunggulkan
Membangun
Memerinci ke bagian-bagian
Memotret
Menafsirkan
Menghapal
Menggali
Membiasakan
Menominasikan
Merancang
Memberi pertimbangan
Meniru
Mengira
Mendemonstrasikan
Mendokumentasikan
Mengembangkan
Membenarkan
Mencatat
Mencontohkan
Menurunkan
Menjamin
Merencanakan
Mengukur
Mengulang
Menerangkan
Menentukan
Menguji
Mendikte
Memproyeksi
Mereproduksi
Mengemukakan
Menemukan
Mencerahkan
Meningkatkan
Memerinci
Meninjau
Memperluas
Menggambarkan
Menjelajah
Memperjelas
Menggradasi
Memilih
Mempolakan
Menemukan kembali
Membagankan
Memfasilitasi
Merentangkan
Menyatakan
Memfaktorkan
Membagankan
Memfile
Membentuk
Merekomendasikan
Mempelajari
Menggeneralisasikan
Menggunakan
Membuat kelompok
Merumuskan
Melepaskan
Mentabulasi
Memberikan
Menilai
Mengidentifikasi
Menggeneralisasi
Memilih
Memberi kode
Menyimpulkan
Melatih
Mengilustrasikan
Menumbuhkan
Merangkum
Menelusuri
Berinteraksi
Menggali
Menyimpulkan
Menangani
Mendukung
Menulis
Mengumpulkan
Membuka
Menginterupsi
Mengirim
Mengetes

Memaknai
Mengemukakan
Menemukan
Memperbaiki
Memvalidasi

Mengamati
Membuat faktor
Menelaah
Menggabungkan
Membuktikan kembali

Merumuskan kembali
Membuat gambar
Menata
Memadukan


Menggrafikkan
Membuat grafik
Mengelola
Membatasi


Meramalkan
Menangani
Memaksimalkan
Menggabungkan


Memperbaiki
Mengilustrasikan
Meninimalkan
Mengajar


Menulis kembali
Mengadaptasi
Mengoptimalkan
Membuat model


Membuat abstraksi
Menyelidiki
Memerintahkan
Mengimprovisasi


Merangkum
Memanipulasi
Menggarisbesarkan
Membuat jaringan


Menjabarkan
Mempercantik
Memberi tanda/kode
Mengorganisasikan


Mendeskripsikan
Mengoperasikan
Memprioritaskan
Mensketsa



Mempersoalkan
Mengedit
Mereparasi


Mengkomunikasikan secara visual
Mengkonsepkan
Menanyakan
Merencanakan



Melaksanakan
Mengaitkan
Menampilkan



Meramalkan
Memilih
Menyiapkan



Menyiapkan
Memilah
Meresepkan



Memberi harga
Mengukur
Memproduksi



Memproses
Membagi  ulang
Membuat program



Memproduksi
Melatih
Menata ulang



Memproyeksikan
Mentransfer
Merekonstruksi



Melindungi

Mencari referensi



Menyediakan

Menggunakan referensi



Mengakitkan

Mereferensikan



Melingkari

Memperbaiki



Menyusun

Menuliskan kembali



Mempertunjukkan

Menspesifikasikan



Mensimulasikan

Merangkum



Mensketsakan

Mengkomposisikan



Memecahkan





Melanggankan





Mentabulasi





Membuat transkrip





Menterjemahkan





Melakukan











Ranah Psikomotor

Persepsi (P1)
Menafsirkan rang-sangan, Peka terhadap rangsangan, Mendis-kriminasikan
Kesiapan (P2)
Berkonsentrasi diri (secara fisik dan mental)
Gerakan terbimbing (P3)
Meniru contoh
Gerakan  Mekanisme
(P4)
Keterampilan berpegang pada pola
Respon Kompleks (P5) Berketerampilan secara: misalnya lancer, luwes, gesit
Penyesuaian dan  Keaslian (P6)
Menyesuaikan diri
Mempersiapkan
Memulai
Mempraktekan
Membangun
Mengoperasikan
Mengubah
Membedakan
Mengawali
Memainkan
Mengoperasikan
Membangun
Mengadaptasikan
Menunjukan
Bereaksi
Mengikuti
Mengalihkan
Memasang
Mengatur kembali
Menghubungkan
Mempersiapkan
Mengerjakan
Memecahkan masalah
Membongkar
Membuat variasi
Mengaktifkan
Memprakarsai
Mencoba
Menempel
Memperbaiki

Menyesuaikan
Mengoreksi
Melonggarkan
Memadankan
Melaksanakan

Menggabungkan
Mengkreasikan
Membuat
Menjeniskan
Mengerjakan

Melamar
Mendemonstrasikan
Memanipulasi
Menjahit
Menyusun

Mengatur
Merancang
Mereparasi
Mempertajam
Menggunakan

Mengumpulkan
Memilah
Mencampur
Membentuk
Mengatur

Menimbang
Melatih
Memaku
Mensketsa
Mendemonstrasikan

Memperkecil
Mengencangkan
Menjalankan
Memulai
Memainkan

Membangun
Memperbaiki
Menekan
Menyetir
Menangani

Mengkalibrasi
Mengikuti
Memproduksi
Menggunakan


Mengubah
Menggiling
Menarik
Menimbang


Membersihkan
Memegang
Mendorong
Membungkus


Menutup
Memalu
Memindahkan
Mengemas


Mengkombinasikan
Memanaskan
Memperbaiki
Mengatur


Memposisikan
Menggantung
Memasang



Menyambungkan
Mengidentifikasikan
Membongkar



Mengkonstruksi
Mengisi
Menggantikan




Menempatkan
Memutar




Mempertunjukan
Mengirim









RANAH AFEKTIF


Penerimaan (A1)
Kesadaran akan adanya system nilai, ingin menerima nilai, dan mempertahankan nilai tersebut
Partisipasi (A2) atau Pem-berian Respon.
Pemberian respon meliuti sikap ingin merespon terhadap system, puas dalam memberi respon
Penilaian/Penentuan Sikap (A3) meliputi penerimaan terhadap system nilai, memilih system nilai yang disukai, dan memberikan komitmen untuk meng-gunakan system nilai tertentu

Pengorganisasian (A4)
Meliputi memilah dan dan menghimpun system nilai yang dianut
Pembentukan Pola (A5) Karakterisasi.
Meliputi perilaku secara terus menerus sesuai dengan system nilai yang telah diorganisasikan

Menerima
Menanggapi
Bekerja sama
Menganut
Menghayati

Mempertanyakan
Bertanggungjawab
Mengasumsikan tanggungjawab
Mengubah
Bertindak

Memilih
Membantu
Meyakini
Menata
Mengubah perilaku

Mengikuti
Mengajukan
Melengkapi
Mengklasifikasikan
Berakhlak mulia

Memberi
Mengkompromikan
Meyakinkan
Mengkombinasikan
Berfilosofi

Menganut
Menyenangi
Memperjelas
Mempertahankan
Mempengaruhi

Mematuhi
Menyambut
Membedakan
Membangun
Menimbang masalah

Meminati
Mendukung
Beriman
Membentuk pendapat
Mendengarkan

Mendengar
Menyetujui
Memprakarsai
Menunjukkan dengan
Mengajukan usulan

Mengikuti
Menampilkan
Mengundang
memadukan
Mengkualifikasi

Menjawab
Melaksanakan
Menggabungkan
Mengelola
Mempertanyakan

Melanjutkan
Melaporkan
Memperjelas
Menimbang alternatif
Melayani

Memberi
Memilih
Berperanserta
Menegosiasi
Menunjukkan kematangan/kedewasaan

Menyatakan
Mengatakan
Mengusulkan
Berembuk
Memecahkan

Menempatkan
Membuat pertanyaan
Menekankan
Bersilang pendapat
Membuktikan kembali


Memilah
Berbagi
Memperbandingkan
Mengundurkan diri


Menolak
Menyumbang
Merumuskan
Mempertimbangkan


Menyumbangkan
Bekerjakeras
Membagi
Mempersoalkan


Menyesuaikan diri
Membela
Menyusun
Berbuat sukarela


Berlatih
Menuntun
Mengubah
Bersikap konstan


Mempraktikan
Membenarkan
Menyempurnakan



Menyelesaikan
Mengajak
Menyesuaikan





Memodifikasi














Tidak ada komentar:

Posting Komentar