Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan Ke : 12
Alokasi Waktu : 2X45 Menit
Standar Kompetensi :
Berbicara
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar :
4.1 Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
Indikator :
- Mengunakan kalimat simple present dalam menyampaikan report
§ Melakukan monolog berbentuk narrative
§ Melakukan debat
I. Tujuan Pembelajaran :
- Mengunakan kalimat simple present dalam menyampaikan report
§ Melakukan monolog berbentuk narrative
§ Melakukan debat
II. Materi Pembelajaran :
Analytical exposition text
III. Metode Pembelajaran :
Metode : contextual teaching and learning
Model : debat
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke ….
A. Tatap Muka (TM)
Tahap Kegiatan | Aktivitas Siswa/Guru |
1. Pendahuluan | Apersepsi
Motivasi
|
2. Inti | § Siswa dibagi menjadi kelompok kelompok menjadi 3 orang setiap tim nya, terdiri dari satu tim pro dan kontra § Siswa membaca wacana yang akan di debatkan. § Siswa mengemukakan pendapatnya dengan susunan sebagai berikut : Ø Siswa Pembicara pertama pihak Pro Ø Siswa Pembicara pertama pihak kontra Ø Siswa Pembicara kedua pihak Pro Ø Siswa Pembicara kedua pihak kontra Ø Siswa Pembicara ketiga pihak Pro Ø Siswa Pembicara ketiga pihak kontra Ø Siswa memberikan Pidato penutup pihak kontra Ø Siswa memberikan Pidato penutup pihak Pro § Sementara siswa menyampaikan gagasannya guru menulis ide-ide dari setiap pembicara. Sampai sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi § Guru menambahkan konsep yang belum terungkap |
3. Penutup |
|
B. Tugas Tersetruktur (TT)
C. Tugas Mandiri Tidak Tersetruktur (TMTT)
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Buku BSE
VI. Penilaian
a. Jenis Evaluasi : Non tes
b. Bentuk Evaluasi : performan
c. Soal :
Conduct debat based on the topic given by the teacher!
1. Politics = Artist Phenomenon to be Candidate of Regent.
2. Education = The Final National Examination (UN) will be deleted.
3. Economy = Who Are You, Guys? Markus in Indonesia.
4. Environment = Earthquake Knock Downs in
5. Healthy = Is Pig Hemoglobin Found in Cigarette’s Filter?
The Criteria of assesement : PRONOUNCIATION, PERFORMANCE, ACCURACY, FLUENCY
No | Name | Assesement Criteria | Total score (100) | |||
Pronunciation (Max. 30) | Performance (Max. 20) | Accuracy (Max 30) | Fluency (Max 20) | |||
Standar Ketuntasan Minimal : 72
Siswa Tuntas :
Ketuntasan :
Ketidak tuntasan
Metro, .............................................
Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris Guru PPLT,
NGADERI, S.Pd DEDI HIDAYAT
NIP. 197307052000121005 NPM. 08340456
Mengetahui
Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Metro
Drs.Ruslani M. Ro’i
NBM.772931
Tidak ada komentar:
Posting Komentar