Kamis, 27 Oktober 2011


SILABUS BERMUATAN NILAI KARAKTER

 

S I L A B U S

Nama sekolah                      : SMA  Negeri 4 Metro
Mata Pelajaran                    : Biologi
Kelas/Program                     : X
Semester                               : 2

Standar Kompetensi:  4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem.

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian


Alokasi
Waktu
(menit)
Sumber/
Bahan/ Alat
Nilai Karakter

4.2 Menje-laskan keter-kaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perusakan/ pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan

Kegiatan manusia dan masalah lingkungan

o Keserasian dan keterkaitan antara faktor biotik dan abiotik dalam lingkungan/ ekosistem
o Manusia mempunyai peran yang penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan
o Perusakan/pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh manusia
o Upaya-upaya yang dilakukan untuk melestarikan lingkungan

















·    Melakukan pengamatan  mengenai keserasian dan keterkaitan antara faktor biotik dan abiotik di lingkungan sekitar .





·    Mendiskusikan dalam kelompok  menggunakan LKS, foto/gambar untuk menemukan faktor penyebab kerusakan lingkungan dan mengusulkan alternatif pemecahan masalah.

·    Menyajikan hasil diskusi kelompok yang ditanggapi oleh anggota kelompok lain











·    Melakukan percobaan polusi air secara berkelompok untuk menemukan pengaruh polutan terhadap kelang-sungan makhluk hidup









·    Melakukan upaya pelestarian lingkungan di sekolah dan di rumah, misalnya menghemat penggunaan air, listrik, menanam pohon, memisah-kan tempat  sampah  organik dan anorganik, mendaur ulang sampah kertas,/   lmembuat kompos, dsb.






·       Mensyukuri kebera-daan dan keserasian hubungan/keterkaitan faktor biotik dan abiotik di lingkungan sekitarnya sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa

·       Menghargai setiap pendapat dalam diskusi

·       Tidak memaksakan kehendak

·       Mengajukan pendapat/ ide dengan santun
     
·       Menerima kesepakat-an hasil diskusi
   
·       Menemukan faktor-faktor penyebab terjadinya kerusakan lingkungan.

·       Membuat usulan alternatif pemecahan masalah kerusakan lingkungan.


·       Menggunakan bahan percobaam secara hemat (seperlunya)

·       Membuang sampah hasil praktek di tempat yang sesuai

·       Menjelaskan pengaruh polutan terhadap kelangsungan  hidup organisme

·       Memperlakukan tumbuhan dengan baik
·       Menjaga kebersihan lingkungan
·       Berperanserta secara aktif untuk melestari-kan lingkungan


·       Mendaur ulang sampah
·       Membuat kompos





.

Pengamatan sikap/perilaku afektif






Pengamatan sikap/perilaku afektif,
Catatan anekdot








Ulangan harian.




Produk: usulan  tertulis




Pengamatan sikap/perilaku afektif.





Ulangan harian




Pengamatan sikap/perilaku afektif.
Catatan anekdot





Penilaian kinerja  meliputi persiapan,  proses, dan hasil daur ulang sampah  



 2X45’






























 2X45’








Loup







LKS “Kerusakan lingkungan”

Buku teks biologi

Internet/ situs-situs yang berkaitan dengan peran manusia dalam  ekosistem







LKS “Polusi air”
Tabung reaksi dan raknya,
Pipet tetes, Metil biru,
Kecebong/ ikan kecil
Elodea,




Air, listrik, sampah kertas, sampah organik
Pot,
Tumbuhan,

LKS “Daur ulang sampah”
Alat-alat untuk mendaur ulang.


Religius








Demokratis, Bersahabat


Disiplin


Kreatif,  Bersahabat/komunikatif

Demokratis












Peduli lingkungan











Peduli lingkungan, Peduli sosial


                                                                                                                                                                                         
           Mengetahui                                                                                                                                                                    Kepala SMA Negeri 4 Metro                                                                                                 Guru Mata Pelajaran




Drs. A. SEDIYANTO                                                                                                  Dwi Erlina Sari, S.Pd
NIP.195309121977031003                                                                                       NIP.
                                                                                                                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar