SILABUS BERMUATAN NILAI KARAKTER
S I L A B U S
Nama sekolah : SMA Negeri 4 Metro
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Program : X
Semester : 2
Standar Kompetensi: 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem.
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/ Alat | Nilai Karakter |
4.2 Menje-laskan keter-kaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perusakan/ pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan | Kegiatan manusia dan masalah lingkungan o Keserasian dan keterkaitan antara faktor biotik dan abiotik dalam lingkungan/ ekosistem o Manusia mempunyai peran yang penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan o Perusakan/pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh manusia o Upaya-upaya yang dilakukan untuk melestarikan lingkungan | · Melakukan pengamatan mengenai keserasian dan keterkaitan antara faktor biotik dan abiotik di lingkungan sekitar . · Mendiskusikan dalam kelompok menggunakan LKS, foto/gambar untuk menemukan faktor penyebab kerusakan lingkungan dan mengusulkan alternatif pemecahan masalah. · Menyajikan hasil diskusi kelompok yang ditanggapi oleh anggota kelompok lain · Melakukan percobaan polusi air secara berkelompok untuk menemukan pengaruh polutan terhadap kelang-sungan makhluk hidup · Melakukan upaya pelestarian lingkungan di sekolah dan di rumah, misalnya menghemat penggunaan air, listrik, menanam pohon, memisah-kan tempat sampah organik dan anorganik, mendaur ulang sampah kertas,/ lmembuat kompos, dsb. | · Mensyukuri kebera-daan dan keserasian hubungan/keterkaitan faktor biotik dan abiotik di lingkungan sekitarnya sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa · Menghargai setiap pendapat dalam diskusi · Tidak memaksakan kehendak · Mengajukan pendapat/ ide dengan santun · Menerima kesepakat-an hasil diskusi · Menemukan faktor-faktor penyebab terjadinya kerusakan lingkungan. · Membuat usulan alternatif pemecahan masalah kerusakan lingkungan. · Menggunakan bahan percobaam secara hemat (seperlunya) · Membuang sampah hasil praktek di tempat yang sesuai · Menjelaskan pengaruh polutan terhadap kelangsungan hidup organisme · Memperlakukan tumbuhan dengan baik · Menjaga kebersihan lingkungan · Berperanserta secara aktif untuk melestari-kan lingkungan · Mendaur ulang sampah · Membuat kompos . | Pengamatan sikap/perilaku afektif Pengamatan sikap/perilaku afektif, Catatan anekdot Ulangan harian. Produk: usulan tertulis Pengamatan sikap/perilaku afektif. Ulangan harian Pengamatan sikap/perilaku afektif. Catatan anekdot Penilaian kinerja meliputi persiapan, proses, dan hasil daur ulang sampah | 2X45’ 2X45’ | Loup LKS “Kerusakan lingkungan” Buku teks biologi Internet/ situs-situs yang berkaitan dengan peran manusia dalam ekosistem LKS “Polusi air” Tabung reaksi dan raknya, Pipet tetes, Metil biru, Kecebong/ ikan kecil Elodea, Air, listrik, sampah kertas, sampah organik Pot, Tumbuhan, LKS “Daur ulang sampah” Alat-alat untuk mendaur ulang. | Religius Demokratis, Bersahabat Disiplin Kreatif, Bersahabat/komunikatif Demokratis Peduli lingkungan Peduli lingkungan, Peduli sosial |
Mengetahui Kepala SMA Negeri 4 Metro Guru Mata Pelajaran
Drs. A. SEDIYANTO Dwi Erlina Sari, S.Pd
NIP.195309121977031003 NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar