RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VIII/ 1
Pertemuan Ke- : Ke-1
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
I.Standar Kompetensi
Mendengarkan
1.1 Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Menulis
1.2 Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive, dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
II. Kompetensi Dasar
1.1.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
1.2.1 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
III.Indikator
- Menentukan kalimat berdasarkan apa yang didengar siswa
- Menggambar apa yang didengar siswa
- Mengidentifikasi bentuk waktu simple present
IV.Tujuan Pembelajaran
Diakhir pembelajaran diharapkan siswa dapat:
1. Membuat kalimat sederhana berdasarkan gambar
2. Menggambarkan apa yang telah didengar oleh siswa
3. Membuat kalimat dengan benar sesuai dengan bentuk waktu yang dipelajari
4. Menggunakan bentuk waktu present tense
V.Materi Pembelajaran
· The drawing of animal
· To Make a sentence base on the picture
· Kosakata terkait tema (cat, mouse, leg, stomach etc)
VI.Metode Pembelajaran
1. Stand
Technique: pre, while, post
VII. Langkah-langkah Pembelajaran
Tatap Muka (TM)
Langkah – langkah Kegiatan | Waktu |
A. Kegiatan Awal 1. Guru menginformasikan materi pokok dan tujuan pembelajaran 2. Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi pembelajaran | 10 Menit |
B. Kegiatan Inti 1. Siswa mendengarkan apa yang dibacakan oleh guru 2. Siswa mengambar apa yang telah didengarnya 3. Siswa membuat kalimat berdasarkan yang telah mereka gambar 4. Siswa maju kedepan kelas untuk menggambar 5. Siswa maju menulis kalimat yang telah dibuatnya berdasarkan gambar | 60 Menit |
C. Kegiatan Akhir 1. Mencocokkan gambar dengan kalimat yang telah siswa kerjakan 2. Menanyakan kesulitan siswa dalam meeting kali ini 3. Guru menutup meeting ini | 10 enit |
VIII Sumber Belajar
· halaman website dari Internet, gambar, buku.
IX Penilaian
a. Teknik : tulis
b. Bentuk : mengerjakan
c. Instrumen :
Picture only for teacher
Tidak ada komentar:
Posting Komentar